ANALISIS
ANTRIAN PADA SPBU 34-13421
PONDOK KOPI – JAKARTA TIMUR
PONDOK KOPI – JAKARTA TIMUR
MAKALAH
OLEH
:
MUHAMMAT
GUSRIADI
14057304
SISTEM
INFORMASI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
DIRGANTARA MARSEKAL SURYADARMA
JAKARTA
2015
1. Latar Belakang
Pertumbuhan manusia dari tahun ke
tahun semakin bertambah, begitu juga dengan kemajuan jaman di segala sektor.
Seiring dengan kemajuan jaman, maka sektor industri mengalami perkembangan yang
pesat, terutama dengan lahirnya inovasi dan teknologi baru yang diterapkan
dalam praktik bisnis baik barang maupun jasa, yang telah menuntut pengusaha
untuk mencari peluang dan mencermati perkembangan pasar yang dinamis. Perkembangan
pasar yang dinamis ini memicu perusahaan-perusahaan baru muncul dengan cepat,
sehingga menuntut pengusaha bersaing membuat strategi-strategi yang jitu dalam
segmen pasar agar perusahaan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.
Menurut John D. Millet (2012) dalam
buku Management in the public service, pengertian manajemen: “The
process of directing and facilitating the work of people organized in formal
group to achieve a desired end” (manajemen adalah proses pembimbingan dan
pemberian fasilitas terhadap pekerjaan orang-orang yang terorganisir dalam
kelompok formil untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki). Pembagian
manajemen dapat dilihat dari beberapa segi, salah satunya dari segi bidang,
umumnya yang diketahui masyarakat adalah manajemen sumber daya manusia,
manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen operasional. Salah satu
ilmu manajemen yang mengajarkan tentang pembuatan strategi jitu dalam suatu
perusahaan untuk mengolah secara optimal semua sumber daya menjadi berbagai
barang dan jasa adalah manajemen operasional. Sumber daya disini bukan hanya
sumber daya alam, tetapi juga sumber daya manusia, mesin, peralatan yang
menjadi satu kesatuan dalam proses produksi yang menghasilkan nilai tambah bagi
suatu produk dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Seperti yang
kita ketahui, bahwa antrian merupakan proses yang sering kita jalani dalam
kehidupan sehari-hari, dimana dalam proses tersebut menerapkan suatu sistem
agar memudahkan dalam melayani para konsumen. Dalam proses tersebut kita harus
meminimalkan waktu rata-rata dalam antrian maupun sistemnya sehingga dapat
meningkatkan mutu pelayanan yang akan diberikan.
Beberapa
penyimpangan antrian akan dapat dihindari apabila memahami dengan benar teori
antrian, sehingga desain pelayanan yang memadai akan dapat diterapkan dengan
dasar yang kuat dan terpercaya. Seperti antrian pengisian bahan bakar di SPBU 34-13421 Pondok Kopi
Jakarta Timur yang merupakan salah satu tempat pengisian bahan bakar untuk
kendaraan roda dua, dimana setiap harinya banyak masyarakat yang melakukan
pengisian bahan bakar seperti bensin.
2. Rumusan Masalah
Penulis
ingin mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan pelayanan agar dapat
meminimalkan waktu rata-rata pengisian bahan bakar saat menunggu dalam antrian
dan sistem antrian pelayanan agar tidak terjadi antrian yang terlalu lama pada SPBU
34-13421 Pondok
Kopi Jakarta Timur.
3. Batasan Masalah
Penulis
membatasi masalah pada antrian mesin bagian pengisian bahan bakar bensin
premium pada SPBU 34-13421 Pondok Kopi Jakarta Timur dengan menggunakan metode
Multi Chanel - Single Phase yang di amati mulai tanggal 9 November 2015 – 15
November 2015 pada jam sibuk pukul 06.00 – 10.00 dan pukul 16.00 – 19.00 WIB,
sedangkan pada jam biasa pukul 10.00 – 16.00 WIB.
Peta
Lokasi :
4. Tujuan Penelitian
Untuk
mengetahui Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang ingin melakukan
pengisian atau pembelian bahan bakar agar dapat meminimalkan waktu rata – rata
masyarakat yang ingin mengisi atau membeli bahan bakar dan memperbaiki sistem
agar tidak adanya antrian yang terlalu panjang.
5. Metodologi Penelitian
a.
Objek Penelitian
Objek
dalam Penulisan Ilmiah ini adalah penelitian yang dilakukan pada SPBU 34-13421 Pondok Kopi
Jakarta Timur.
b.
Data atau Variabel
1.
Tingkat kedatangan pengguna jasa = λ
2.
Tingkat pelayanan rata-rata
3.
Jumlah fasilitas pelayanan atau chanel = μ
c. Metode Pengumpulan Data
Untuk
penulisan ilmiah ini, penulis berusaha mengumpulkan data dengan metode antara
lain :
a. Data Primer
Studi Lapangan : melakukan pengamatan
terhadap kendaraan yang mengantri dari datang sampai selesai proses pelayanan.
b. Data Sekunder
1. Wawancara: dalam
memperoleh data penulis melakukan wawancara dengan manajer maupun pegawai lain
di dalam perusahaan tersebut.
2. Studi Pustaka : Membaca literatur -
literatur yang berhubungandengan penulisan.
d. Alat Analisis Yang Digunakan
SUMBER POPULASI
Model Multi Chanel –
Single Phase
Pembahasan (to be continue.....)
8.
Saran
Kinerja karyawan di SPBU 34-13421 Pondok Kopi Jakarta Timur yang sudah
sangat efektif namun bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa, pelayanan
yang baik seperti ini akan sangat menambah keuntungan bagi perusahaan sehingga
dapat menjaga stabilitas keadaan perusahaan, maka sistem pelayanan agar tidak
terjadi antrian yang terlalu lama dan panjang diharapkan petugas SPBU 34-13421 Pondok Kopi
Jakarta Timur agar mengarahkan konsumen tidak menunggu hanya disatu mesin saja,
tetapi dialihkan ke mesin dispenser bahan bakar premium lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Ang,
A. H-S., Tang, W. H. Alih Bahasa Dr. Binsar Hariandja M. Eng, Konsep-Konsep
Probabilitas Dalam Perencanaan dan Perancangan Rekayasa, Penerbit Erlangga
1992
A.K.Erlang.2011. Sejarah Teori
Antrian. Modul Manajemen Operasional.
Alma, Buchori. 2000. Manajemen
Pemasaran dan Pemesaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Operation
Management. Terjemahan oleh Dwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy.
Edisi 7. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar